EVENT THE CARUBAN CARNIVAL MENJADI AGENDA TAHUNAN KABUPATEN CIREBON




EVENT THE CARUBAN CARNIVAL 2016 MENJADI AGENDA TAHUNAN KABUPATEN CIREBON -  Salah satu Event yang bisa meningkatkan Destinasi Pariwisata Kab. Cirebon yaitu Pergelaran The Caruban Carnival . Selain mengangkat seni budaya khas Cirebon, karnaval itu pun ditargetkan menjadi daya tarik bagi wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Pihak Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk kedua kalinya menghelat The Caruban Carnival, sebuah parade kostum yang menampilkan identitas Cirebon. Acara itu juga dihadiri perwakilan sejumlah pemerintah kabupaten dan kota se-Jabar.

The Caruban Carnival yang mengambil tema "The Imagine Of Mask" kesenian Tari Topeng Cirebon itu pun dipadati ribuan penonton. Warga antusias menyaksikan acara di Jalan Tuparev, Cirebon, Minggu (22/5/2016), tersebut yang dijadikan panggung para peserta parade kostum yang dimodifikasi sesuai dengan tari topeng Cirebon.

CIREBON CARUBAN CARNIVAL 2017


”Event Karnaval ini menjadi agenda pariwisata tahunan dan promosi seni budaya Cirebon. Pariwisata telah menjadi sektor investasi yang baru,” ujar Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

Kabupaten Cirebon, lanjut Sunjaya, merupakan pelopor karnaval di Jabar. Dalam parade tersebut, 100 Talent atau Peserta yang ikut berpartisipasi berasal dari sejumlah siswa SMP dan SMA di Kabupaten Cirebon dan sanggar seni menyajikan kostum kesenian tari panji, rumyang, samba, tumenggung, dan kelana

Peserta The Caruban Carnival 2016 memperagakan kostum yang dipenuhi topeng khas Cirebon, bahkan dengan ketinggian kostum mencapai 2 meter. Sebanyak 20 penampil dari Solo Batik Carnival juga ikut berpartisipasi.

Penyelenggara menjelaskan makna setiap kostum. Kostum tari topeng panji, misalnya, merupakan sosok manusia yang baru lahir dan dipenuhi kesucian. Hal itu tergambar pada topeng yang berwarna putih yang berarti suci.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cirebon Hartono mengatakan, partisipasi warga Cirebon untuk menggelar karnaval semakin meningkat. Pada The Caruban Carnival 2015 hanya ada 26 penampil yang berasal dari Cirebon. Sekarang ada 100 penampil dari Cirebon.

Silahkan Berbagi Share Info Ini ke Teman anda Melalui Facebook,Twitter dan Google plus di bawah ini ::




Cara Pasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot